Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata sterofoam? Sebagian dari kamu pasti menyebut wadah untuk makanan atau minuman. 

Tak ada yang salah dengan pendapat tersebut. Namun demikian, sebuah terobosan terbaru di bidang arsitektur muncul dan dikembangan dengan sterofoam. Jepang membuat inovasi menciptakan rumah yang terbuat dari sterofoam.

Inovasi rumah sterofoam yang dibuat Jepang dengan alasan tertentu, yakni didasari bahwa Jepang merupakan negara rawan gempa. Oleh sebab itu, Jepang mengeluarkan inovasi rumah sterofoam yang dikenal denagn bahan yang mudah ditemukan, murah, dan memiliki isolasi termal yang sangat tinggi.

Rumah sterofoam ini berbentuk seperti rumah teletubbies atau kerap disebut rumah dome. Rumah ini telah dijual belikan sejak 15 tahun lalu. 

Tentu bukan sembarang sterofoam yang dipakai, sterofoam yang digunakan dibuat berbeda dengan sterofoam pada umumnya. Sterofoam yang digunakan ini lebih kuat dan tebal sehingga mampu menjadi bahan dasar bangunan.

Dome House sendiri mengklaim setiap tahun mampu menjual sebanyak 100 rumah dome sterofoam. Rumah ini mampu menjadi rumah masa depan yang dapat permanen dan dapat diubah. Penasaran seperti apa penampakannya?

Berikut 5 potret rumah tahan getaran dari sterofoam yang dibangun Jepang dihimpun dari I-domehouse pada Rabu (15/6). 

#1

komunitas_jepang_bangun_rumah_anti_gempa_dari_sterofoam_1.jpg

Rumah Teletubbies ini terbuat dari sterofoam lho.


#2

komunitas_jepang_bangun_rumah_anti_gempa_dari_sterofoam_2.jpg

Ini potret proses pembangunannya. Beneran dari sterofoam kan.


#3

komunitas_jepang_bangun_rumah_anti_gempa_dari_sterofoam_3.jpg

Rumah ini dirancang sebagai rumah tahan getaran gempa.


#4

komunitas_jepang_bangun_rumah_anti_gempa_dari_sterofoam_4.jpg

Bisa jadi rumah permanen yang dapat dikreasikan sesuai selera.


#5

komunitas_jepang_bangun_rumah_anti_gempa_dari_sterofoam_5.jpg

Pembuatan ini didasari dari keadaan gempa yang pernah terjadi pada tahun 2016 dengan kekuatan 7 SR. Gempa tersebut melukai lebih dari 3 ribu orang. Lebih dari 44 ribu orang dievakuasi di tempat pengungsian sementara.


Sumber: Brilio.net

Baca Selengkapnya >