Nggak terasa sekarang sudah bulan Desember aja. Itu artinya tahun 2017 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Duh, apa kabar resolusi tahun 2017 yang udah kamu rancang bulan Januari lalu? Berjalan sukses atau terpaksa harus mengalami kegagalan?

Resolusi yang sukses atau gagal bukan menjadi alasan kamu buat having fun yang nggak terkontrol pada akhir tahun ini ya. Sebaliknya bulan terakhir pada tahun 2017 ini harus kamu isi dengan hal yang membangun biar siap menyambut tahun 2018.

Percuma kan kalau resolusi yang telah sukses kamu bangun 11 bulan terakhir justru berakhir berantakan hanya karena bulan terakhir? Kalau memang resolusi 2017-mu banyak yang berakhir gagal, kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk memantapkan resolusi 2018 nanti alias 'curi start'. Nggak mau kan harus ngulang lagi dari awal bulan Januari nanti?

Maka dari itu kamu bisa jadi lebih produktif pada bulan Desember ini dengan tujuh cara berikut yang telah disarikan dari berbagai sumber, Kamis (14/12).

1. Tinjau kembali resolusi tahun ini.

komunitas_7_cara_jadikan_desember_bulan_terbaikmu_1.jpg

foto: djarumbeasiswaplus.org

Terlepas dari apakah resolusimu tahun ini berjalan lancar atau gagal, meninjau kembali prosesnya adalah satu hal yang wajib kamu lakukan. Emang apa sih pentingnya?

Kamu jadi tahu apa aja sumber godaan untuk setiap poin resolusimu. Kalau poin tersebut sukses, kamu bisa coba pelajari caranya dan coba terapkan ke resolusi yang gagal. Kalau seandainya poin tersebut tahun ini gagal, kamu jadi lebih punya persiapan untuk memantapkannya tahun depan. Penting banget kan?

2. Prioritaskan kesehatan di atas segalanya.

komunitas_7_cara_jadikan_desember_bulan_terbaikmu_2.jpg

foto: djarumbeasiswaplus.org

Sebelum melanjutkan apapun aktivitasmu, jangan lupa untuk prioritaskan kesehatanmu. Apalagi dalam cuaca akhir tahun yang sedang tidak menentu ini. Percuma kan kalau niatnya baik pengen melakukan sesuatu yang produktif tapi nggak satu pun yang bisa direalisasikan karena sakit?

Belum lagi sakit itu bikin mood kamu jadi buruk. Bad mood karena nggak bisa ngapa-ngapain di akhir tahun. Ujung-ujungnya kamu malah mengawali tahun 2018 dengan mood yang jelek. Hindari banget. Caranya? Misalnya dengan melakukan kegiatan outdoor bersama teman-temanmu.

3. Temukan aktivitas baru.

komunitas_7_cara_jadikan_desember_bulan_terbaikmu_3.jpg

foto: djarumbeasiswaplus.org

Kesehatan udah oke, kini kamu bisa mulai memperluas wawasan dan menggali soft skills baru. Hal baru itu penting untuk bikin kamu terus tertantang, mengembalikan rasa penasaran, meningkatkan kreativitas kamu dan banyak lagi. Misalnya seperti membaca buku, menari, dan banyak lagi.

Pengen hal baru yang nggak hanya memberikan kamu dukungan dalam hal soft skills tapi juga finansial? Kamu bisa ikuti seleksi Djarum Beasiswa Plus. Para penerima Djarum Beasiswa Plus ini nantinya bakal dapetin dana beasiswa sebesar Rp 750.000,- setiap bulan selama 1 tahun.

Selain dana beasiswa, para penerima (yakni Beswan Djarum) juga mendapatkan pembekalan berbagai macam soft skills lho. 

Pembekalan ini guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai keterampilan agar para Beswan Djarum di kemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia dan emosional. Dengan pengetahuan yang baik kamu akan merasa lebih siap untuk menjalani hidup di masa depan!

4. Mulai menulis activity plan.

komunitas_7_cara_jadikan_desember_bulan_terbaikmu_4.jpg

foto: djarumbeasiswaplus.org

Udah dapat ide pengen ngelakuin hal baru apa? Sebelum mulai ada baiknya kamu jabarkan apa yang mau raih--goals mu, dan bagaimana cara meraihnya. Kamu nggak mau kan udah di tengah jalan trus hilang arah dan nggak tahu mesti ngapain?

Dengan membuat activity plan, kamu jadi tahu mesti ngapain, kapan, dan buat apa. Menulis activity plan ini bisa kamu terapkan untuk semua kegiatan kamu lho. Tujuan akhirnya tentu saja agar kamu makin terorganisir dalam melakukan sesuatu.

5. Baca buku.

komunitas_7_cara_jadikan_desember_bulan_terbaikmu_5.jpg

foto: shutterstock.com

Hal produktif lain yang bisa kamu lakukan di akhir tahun ini adalah membaca buku. Tapi nggak sekadar membaca, kali ini membaca buku kamu buat lebih terjadwal.

Kalau biasanya waktu kerja atau kuliah mengganggu waktu membaca bukumu, kini kamu bisa lebih leluasa untuk membaca karena waktu libur yang panjang. 

Nggak harus sekali baca puluhan chapter, kamu bisa membuat jadwal berapa halaman atau chapter yang akan kamu baca dalam sehari. Bila perlu bikin reminder waktu khusus untuk membaca buku. Produktif banget nggak sih menghabiskan akhir tahun dengan menambah wawasan lewat membaca?

6. Hilangkan satu kebiasaan burukmu.

komunitas_7_cara_jadikan_desember_bulan_terbaikmu_6.jpg

foto: Istimewa

Punya kebiasaan buruk yang sering jadi momok menakutkan dalam segala aktivitasmu? Manajemen waktu dan disiplin saat berkegiatan kelompok, misalnya, apakah masih sulit dilakukan? 

Segera atasi di akhir tahun ini. Terlalu individual, selalu terlambat dan sering menunda pekerjaan menjadi dua dari banyak kebiasaan buruk yang bisa kamu pilih untuk dihilangkan.

Walaupun terlihat simpel, menghilangkan kebiasaan buruk membutuhkan niat dan usaha yang besar banget lho. Nantinya kesuksesan kamu mengatasi kebiasaan burukmu bisa jadi salah satu kunci keberhasilan kamu dalam merealisasikan resolusi tahun 2018 besok.

7. Meluangkan waktu untuk sesama.

komunitas_7_cara_jadikan_desember_bulan_terbaikmu_7.jpg

foto: djarumbeasiswaplus.org

Nggak ada yang lebih nyaman namun tetap produktif dari berkumpul dan bercengkrama bersama sosok yang membuat kita nyaman. Produktif dari sisi mananya? Oh banyak.

Momen kebersamaan kamu bareng orang lain akan bikin kamu merasa secure dan nyaman. Apalagi jika kebersamaan kamu juga dilakukan untuk membantu orang lain menjadi lebih baik. 

Efeknya, mood kamu jadi lebih hepi dan tentunya rasa berkontribusi ini bakal berguna banget buat lebih bersyukur dan positif untuk aktivitas lain yang telah kamu siapkan untuk dilakukan kemudian.

Selain itu menurut Harvard University momen seru sebagai relawan mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik termasuk menurunkan tekanan darah, memperpanjang usia dan banyak lagi.


Nah itu dia tujuh hal yang bisa kamu lakukan di penghujung tahun 2017 ini. Kuy, langsung dieksekusi aja :D


Sumber: Brilio.net

Baca Selengkapnya >