Menjelang tutup tahun, peritel berlomba menebar promo akhir tahun yang menggoda. Apa saja promo akhir tahun dan bagaimana memanfaatkannya untuk belanja hemat?

Bulan Desember sudah berlalu setengah jalan. Ini artinya, pergantian tahun semakin dekat. Sebagian orang sudah mulai sibuk menyiapkan acara istimewa menyambut kedatangan tahun baru, apakah pesta, acara kumpul-kumpul dengan keluarga, peer group, syukuran atau potluck party, dan sebagainya.

Ada juga yang sibuk menyiapkan acara perayaan Natal bersama kerabat tercinta. Sebagian lagi ada yang mulai bersiap-siap menghabiskan pergantian tahun dengan berlibur ke sebuah tempat. Nah, apakah kamu juga bersibuk ria untuk hal serupa?

Selain sibuk menyambut acara pergantian tahun, ada pula kesibukan khas jelang akhir tahun yang sebenarnya menyenangkan. Terutama bagi kamu yang menyukai acara belanja! Jelang akhir tahun, peritel berlomba-lomba menawarkan berbagai macam promo akhir tahun yang menarik untuk kita lihat.

Kebanyakan promo yang digelar di akhir tahun adalah promo belanja untuk kebutuhan seputar traveling atau liburan juga dining untuk perayaan. Walau, tidak sedikit pula promo kebutuhan lain mulai dari promo KPR, promo peralatan rumah tangga atau home appliances, promo barang elektronik, dan lain sebagainya. Menggoda, ya?

Namun, sebagai pebelanja bijak, kamu jangan langsung asal menubruk setiap tawaran promo, ya. Soalnya, tidak semua penawaran promo apakah berupa diskon, cashback atau buy 1 get 1, dan berbagai macam bentuk promo, layak kamu ambil.

Nah, supaya tidak terjebak boros hanya karena iming-iming promo, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Lihat kebutuhan

komunitas_hujan_promo_1.png

Kalau tidak ada kebutuhan membeli sebuah barang atau jasa, untuk apa tetap berbelanja memanfaatkan promo? Jadi, sebelum memanfaatkan berbagai penawaran promo akhir tahun, pastikan memang ada kebutuhan yang perlu kamu penuhi, ya. Jangan sampai terbalik. Memanfaatkan promo walaupun tidak ada kebutuhan.

Bila memang ada kebutuhan, penawaran promo bisa membuat pengeluaran konsumsi kamu menjadi lebih hemat. Misalnya, untuk perayaan natal bersama keluarga, kamu memiliki tradisi makan malam di luar bersama keluarga. 

Nah, agar lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo dining yang  banyak ditawarkan  oleh restoran atau hotel di akhir tahun ini.

2. Hitung dulu seberapa untung

komunitas_hujan_promo_2.png

Langkah peritel menawarkan berbagai jenis promo pada dasarnya adalah untuk mendorong penjualan mereka. Jadi, berapapun nilai diskon yang diberikan, tujuan utama adalah supaya kita sebagai konsumen membeli barang yang dijual tersebut. Itulah mengapa dalam setiap penawaran promo, selalu ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Misalnya, diskon sebesar sekian persen diberikan apabila konsumen melakukan transaksi minimal sekian rupiah. Atau, promo voucher yang  baru berlaku apabila ada transaksi lanjutan, dan lain sebagainya. 

Maka itu, supaya penawaran promo tersebut memang membantu penghematan pengeluaran , hitung terlebih dulu nilainya sehingga kamu bisa memutuskan apakah promo tersebut layak diambil atau tidak.

3. Sesuaikan budget

komunitas_hujan_promo_3.png

Biasakan untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan alokasi anggaran yang sudah kamu sediakan. Sebagai gambaran seperti ini, kamu hendak pergi berlibur dan ingin memanfaatkan promo tiket pesawat. Alokasi anggaran yang kamu siapkan untuk tiket, katakanlah Rp 2 juta saja.

Nah, ada promo yang sekilas menggiurkan dengan iming-iming potongan harga sampai 40%. Namun, memasang berbagai persyaratan yang pada akhirnya membuat pengeluaran kamu untuk tiket jadi membesar menjadi Rp Rp 2,3 juta. 

Bila terjadi seperti ini, sudah jelas promo tersebut tidak perlu kamu indahkan kendati ada iming-iming diskon harga sampai 40%.

Dengan disiplin menimbang kebutuhan dan alokasi budget, seharusnya kehadiran promo dapat membuat pengeluaran kamu menjadi lebih ekonomis, bukan sebaliknya.

4. Gabungkan dengan promo kartu kredit

komunitas_hujan_promo_4.png

Bila kamu punya kartu kredit, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan promo lebih menarik. Penerbit kartu kredit di akhir tahun semakin banyak menawarkan promo harga apakah itu berupa diskon, cashback atau voucher. Walau demikian, kamu perlu cermat menghitung apakah promo tersebut memang layak kamu ambil atau tidak dengan menerapkan tiga prinsip di atas.

Supaya lebih lengkap, yuk, kita coba melihat apa saja tawaran promo-promo akhir tahun yang mungkin berguna untuk membantu penghematan kamu:


Promo akhir tahun Kartu Kredit HSBC

komunitas_hujan_promo_HSBC_CC.png

Promo dining:

  • Diskon 20% Begawan Resto, Keraton Plaza Hotel Indonesia, berlaku sampai akhir Desember 2017 dan tidak ada black out date.
  • Diskon 10% Palm Court, Alto Restaurant and Bar, Four Seasons Hotel, berlaku untuk buffet dan a la carte setiap hari, dine in. Promo sampai April 2018.
  • Diskon 15% Coca Suki Restaurant, dine in, transaksi minimal Rp 300.000 dan 20% diskon dengan poin. Berlaku sampai Maret 2018.
  • Diskon 15% La Patisserie Four Seasons Hotel, berlaku sampai 31 Maret 2018 untuk transaksi dine in.

Promo shopping:

  • Diskon 10% belanja di MAP Store (Cotton On, Dorothy Perkins, Miss Selfridge, Nautica, Topshop, dan lain-lain), setiap hari tanpa minimum transaksi, berlaku sampai 31 Desember 2017.
  • Cicilan 0% 3, 6 dan 12 bulan transaksi di Coach, transaksi minimal Rp 3 juta, berlaku sampai 31 Mei 2018.
  • Cicilan 0% 3, 6 dan 12 bulan minimal transaksi Rp 500.000 di Alexandrite Gemstone, berlaku sampai 31 Agustus 2018.

Promo Travel dan Leisure: 

  • Gratis spa menginap weekend di Four Seasons Hotel, berlaku sampai 31 Maret 2018.
  • Diskon 60% menginap di Aston Semarang, berlaku sampai 31 Maret 2018.
  • Weekend Deal Room promo di Shangri-La Hotel Surabaya, special price Rp 1,25 juta untuk Deluxe Room dan upgrade Executive Room gratis, berlaku sampai 31 Maret 2018.

Promo akhir tahun Kartu Kredit Citibank

komunitas_hujan_promo_Citibank_CC.png

Promo dining:

  • Diskon 10% transaksi dining di Arsana Bali, minimum transaksi Rp 300.000, berlaku sampai 30 Juni 2018.
  • Diskon 15% dan 15% dengan Citi Rewards Points transaksi dining di Bebek Tepi Sawah, minimum transaksi Rp 300.000, berlaku sampai 28 Februari 2018.
  • Buy 1 Get 1 Free transaksi Sunday Lunch Buffet di Tien Chao, Gran Melia Hotel, berlaku hingga 28 Februari 2018.
  • Diskon 20% transaksi dining di Kempinski Hotel, berlaku sampai 28 Februari 2018.
  • Diskon 20% transaksi dining di Shaburi Surabay dengan Citi Reward Points, berlaku sampai 31 Januari 2018.
  • Diskon 30% di The Pavilion, Vis a Vis, Imari, Tang Palace dan Deli Shop plus voucher Rp100.000, transaksi dining JW Marriot Hotel, minimum transaksi Rp 500.000, berlaku sampai 31 Desember 2017.

Promo shopping and travel:

  • Diskon 10% dengan Citi Reward Points belanja di Ace Hardware, berlaku sampai 9 Februari 2018.
  • Hemat 20% dengan Citi Reward Points belanja di Seibu, berlaku sampai 31 Desember 2017.
  • Cicilan 0% 3 bulan transaksi minimal Rp 1,5 juta di Sephora, berlaku sampai 31 Januari 2018.

Promo akhir tahun Kartu Kredit Standard Chartered Bank

komunitas_hujan_promo_SCB.png

Promo shopping and dininng:

  • Diskon 10% setiap hari belanja di Kidz Station, berlaku sampai 7 Januari 2018
  • Diskon 20% transaksi dining Angke Restaurant, berlaku sampai 31 Mei 2018
  • Diskon 15% dan Potongan setengah harga Fish n Co, berlaku sampai 30 Juni 2018
  • Diskon 30%-50% transaksi di Excelso, berlaku hingga 31 Januari 2018

Promo traveling:

  • Cashback Rp 750.000 dan diskon 25% transaksi Garuda Indonesia online, berlaku sampai 31 Desember 2017.
  • Diskon 12% Agoda untuk transaksi hotel semua destinasi, berlaku sampai 31 Desember 2017.
  • Cashback Rp 500.000 transaksi Dwidaya Tour, berlaku sampai 31 Desember 2017.

Promo akhir tahun Kartu Kredit BCA

komunitas_hujan_promo_BCA.png

Promo dining:

  • Diskon 20% dining di Kempinski Hotel (Signatures, Paulaner, Kempi Deli, Skypool Bar&Cafe), berlalu sampai 31 Januari 2018.
  • Diskon 30% dining di Grand Mercure Kemayoran, berlaku sampai 11 Maret 2018.
  • Diskon 25% dining Han Gang Garden, makanan saja, berlaku sampai 31 Januari 2018.
  • Diskon 15% dining Red Bean Restaurant, berlaku sampai 30 April 2018.

Promo shopping and lifestyle:

  • Diskon 10% belanja di Gaudi, berlaku sampai 25 Oktober 2018.
  • Diskon 10% dan cicilan 0% 12 bulan, belanja di Clarks, berlaku hingga 23 Agustus 2018.
  • Diskon hingga 50% Skaters Zone, berlaku sampai 28 Februari 2018.

Sumber: HaloMoney.co.id
Baca Selengkapnya >